Friday, September 16, 2016

Komponen Dalam Game

1.GRAFIK
Grafik  yang mungkin istilah-istilah ini sulit dipahami, beberapa contoh seperti Apa itu pixel, vektor, bit, dan sebagainya? banyak yang masih bingung dan bertanya-tanya tentang grafik, dan kita bahas ada beberapa istilah dalam grafik

  • Pixel - sering disebut picture element (1 titik dalam 1 grid persegi atau beribu titik individual yang digambarkan jadi suatu bentuk image pada layar).
  • Vektor - gambar yang dibentuk oleh objek berupa garis dan kurva berdasarkan rumus matematik.
  • Bit - digit dalam system angka (ukuran terkecil dalam sebuah komputer).
  • Resolusi - jumlah pixel dalam suatu gambar.
  • Batch - sekelompok dokumen atau record data yang diproses sebagai satu kesatuan.
  • Batch Processing - proses batch file pada komputer yang dilaksanakan satu demi satu tanpa interupsi (gangguan) pengguna.
  • Benchmark - pengujian untuk mengukur kerja hardware atau software.
  • Cache Memory - subsistem memori khusus ke tempat mana nilai-nilai data seringkali digunakan ganda untuk akses cepat.
  • GPU (Graphics Processing Unit) - sebuah device yang secara khusus ditugaskan hanya untuk mengolah tampilan graphics.
  • Anisotropic Filtering - metode mempertajam kualitas tekstur / tampilan gambar 3D terutama pada gambar yang letaknya jauh dari objek utama.
  • Anti Aliasing - teknik yang digunakan untuk menghaluskan tampilan sehingga menjadi halus seperti garis lurus (Aliasing adalah tepi dari gambar 3D yang tidak rata / tidak halus).
  • DirectX & Dirext3D - kumpulan API dari Microsoft yang berguna menangani tugas yang berhubungan dengan multimedia (sound card, graphics card, input device, dan network).
  • OpenGL - kumpulan API yang khusus berhubungan dengan tampilan gambar 3D (dan sedikit 2D).
  • Shader Model - standar dari Microsoft untuk menentukan jenis shader yang digunakan (pixel shader dan vertex shader).
  • Transform and Lighting (T&L) - proses peningkatan kualitas gambar 3D sehingga lebih mirip dengan keadaan dunia nyata.
  • High Dynamic Range (HDR) - teknik menjadikan gambar 3D menjadi lebih realistis dan memungkinkan tampilan gambar menggunakan warna yang nilainya lebih tinggi daripada nilai normal yang biasanya digunakan.
2.SUARA
Suara menjadi komponen game karena dengan adanya suara pada game maka game tersebut akan menarik,
tanpa suara game menjadi sangat membosankan dan terasa hampa . dan apalagi kita main game dengan suara yang jernih dapat membuat kita semangat dalam bermain game


Berikut rincian fungsi utama dari  suara yaitu:
  •   3D souncard : soundcard ini banyak diterapkan pada game. Berbeda dengan Surround Sound, suara 3D akan berubah dengan jelas jika posisi pendengar berubah ( berpindah )
  • S / PDIF ( Sonny atau Philips Digital Interface) : adalah protocol yang digunakan untuk transfer data audio.Menggunakan koneksi kabel koaksial atau optic. Data dikirimkan dalam bentuk digital murni sehingga menghasilkan performa yang lebih baik.
  • Output channel : digunakan untuk menentukan jumlah kanal dan karakteristik suara.
3.AI(KECERDASAN BUATAN)
Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika. 


klasifikasi program Artificial Intelligence
  •  Permainan games, contoh gampangnya catur, soliter, spiders, dan lain-lain.
  • theorem proving and  automated reasioning (Pembuktian teorema dan penalaran terotomatis). Contohnya program Simon’s Logic Theorist yang memiliki manfaat untuk membuktikan suatu dalil matatematis dari sejumlah aksioma.
  • Expert System(Sistem pakar), seperti software DENDRAL yanbg berguna untuk menetapkan struktur suatu molekul arganik dari data spektroskopi massa dan rumus kimianya. /shock
  • natural language Understanding and semantic medeling (Pemrosesan bahasa Alami dan peniru semantik), seperti penerjemahan dari satu bahasa ke bahasa lain.
  •  Human performence modeling (Peniru prilaku manusia), peranghkat lunak yang dapat meniru prilaku manusia dewasa ini dipakai oleh para psikolog untuk menganalisis teori Freud dan berbbagai teori psikologi lainnya.
  • Robotic and planning (Robotika dan perencanaan), seperti robot-robot untuk industri. (lihat film Cyborg She)
4.SKENARIO GAME 
Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan yang diinginkan, maka dasar untuk membuat game adalah design document atau lebih mudahnya disebut skenario game. Skenario game adalah langkah awal dalam membuat sebuah game, dengan skenario game dapat mempermudah kita menyelesaikan game yang akan kita buat. Skenario game adalah sebuah cerita khusus yang melatarbelakangi kejadian – kejadian dalam game. Kalau skenario menentukan interior dan eksterior, dekor, pemain, dan studio, serta pembuatan trik, dalam desain dokumen ada ketentuan program game, grafik, tokoh, animasi, suara, dan musik. Sampai di sini keduanya masih paralel. Berbeda dengan skenario yang merupakan sekuens linier dari adegan, turn around point, dialog, dan seterusnya; design documents adalah gabungan dokumen yang mendiskripsikan secara kompleks semua segi game yang direncanakan.

5.MULTIPLAYER
Sebuah permainan multiplayer adalah video game di mana lebih dari satu orang bisa bermain di lingkungan permainan yang sama pada waktu yang sama. Video game seringkali kegiatan singleplayer, mengadu pemain terhadap tantangan terprogram atau lawan AI-dikendalikan (yang tidak memiliki fleksibilitas pemikiran manusia). Multiplayer game memungkinkan pemain menjadi adanya kompetisi atau persaingan,setiap pemain dalam game multiplayer memungkinkan setiap pemainnya saling berinteraksi dengan pemain lainnya, bekerja sama dalam tim yang sama, menjadi lawan tanding, hingga mampu menyediakan bentuk komunikasi sosial yang hampir tidak ditemukan pada game dengan orientasi single-player.

 

No comments:

Post a Comment